Serba-serbi Plat L untuk Kota Surabaya - Orihara Yuzuru

05 March 2016

Serba-serbi Plat L untuk Kota Surabaya

Penting:

Mohon untuk membaca artikel ini terlebih dahulu, lalu cobalah untuk memahami isi artikelnya dan bacalah komentar-komentar yang ada sebelum Anda mengajukan pertanyaan Anda, karena mungkin saja pertanyaan Anda telah terjawab oleh artikel dan komentar kami. Bila Anda merasa artikel kami kurang membantu atau kurang jelas untuk menjawab pertanyaan Anda, jangan malu-malu untuk bertanya kepada kami melalui diskusi komentar di setiap artikel kami. Mari kita membiasakan diri untuk membaca dan memahami bacaan yang dibaca. Terima kasih

Yuzuru

Penyangkalan/Disclaimer:

Artikel ini hanya membahas tentang plat nomor saja, tidak membahas tentang bagaimana pengurusan surat-surat kendaraan di SAMSAT dan semacamnya karena penulis tidak menuliskan artikel tentang cara mengurus surat-surat di SAMSAT di dalam artikel ini. Penulis tidak bekerja di dalam lingkungan SAMSAT. Segala urusan tentang surat-surat kendaraan dan kepengurusan lain yang berhubungan dengan SAMSAT, Anda dapat mengunjungi SAMSAT terdekat.

Yuzuru

Macam-macam Plat L
Macam-macam Plat L

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau yang disingkat TNKB adalah adalah plat aluminium tanda kendaraan bermotor di Indonesia yang telah didaftarkan pada Kantor Bersama Samsat. Bagian kendaraan bermotor yang sering disebut plat nomor atau nomor polisi itu memiliki fungsi primer sebagai penanda registrasi kendaraan dan fungsi sekunder sebagai identitas dan tanda kepemilikan kendaraan yang dapat membedakan kepemilikan kendaraan satu dengan lainnya.
Ada beberapa kode untuk plat nomor yang berlaku di Indonesia, salah satunya adalah plat L.
Plat L berlaku hanya untuk wilayah kota Surabaya saja, wilayah lain yang dahulunya karesidenan Surabaya yang meliputi kabupaten Gresik dan kabupaten Sidoarjo menggunakan plat W dan kota Mojokerto, kabupaten Mojokerto dan kabupaten Jombang menggunakan plat S yang mengikuti eks karesidenan Bojonegoro. Hal ini menyebabkan plat L menjadi satu-satunya plat nomor di Indonesia yang hanya mewakili satu daerah saja di Indonesia.

Macam-macam plat L Sebelum Juli 2022
Macam-macam plat L Sebelum Juli 2022

A. Spesifikasi Teknis


Alokasi plat L di Surabaya (menurut pemantauan pribadi di segala penjuru kota)


Format plat nomor: L #### ***

Pada bagian tanda pagar, sama seperti plat lainnya di Jawa Timur dan provinsi lainnya kecuali wilayah Polda Metro Jaya, yaitu:
1 - 1999 = Kendaraan roda empat (mobil)
2000 - 6999 = Kendaraan roda dua (sepeda motor)
7000 - 7999 = Kendaraan angkutan umum (bus, van/elf, travel bus, shuttle bus, dll)
8000 - 8999 = Kendaraan angkutan barang
9000 - 9999 = Kendaraan khusus yang diatur oleh Korlantas Polri [1]
Susunan plat nomor yang berlaku di Kota Surabaya
(Klik gambar untuk perbesar)

Keterangan:
1 - 999 diprioritaskan untuk plat nomor pesanan khusus dari pemilik mobil atau bagi pemilik mobil yang ingin plat nomornya dialokasikan ke dalam alokasi angka dibawah 1000 e.g L 38 AY, L 4 PØ, L 321 VK, L 76 RK, L 4 P dll.
1000 - 1999 diprioritaskan untuk kendaraan roda empat (mobil) dikarenakan memiliki pajak yang lebih murah.


Pada bagian bintang, Huruf pertama adalah huruf yang mewakili sub-daerah plat nomor dan huruf kedua untuk huruf acak yang sama dengan semua daerah di Indonesia (kecuali Provinsi Jawa Tengah) 

Update 2019: Alokasi huruf di bawah ini adalah alokasi huruf pada plat L sebelum tahun 2019. Mulai tahun 2019, alokasi huruf di bawah ini sudah tidak berlaku lagi dan menggunakan huruf acak.

Alokasi tersebut antara lain:
List Alokasi Plat Nomor (Sudah tidak terpakai lagi):

A*/B*/C*/D*/E*/F* = Surabaya Timur (Kec. Tambaksari, Gubeng, Rungkut, Sukolilo, Mulyorejo, Gunung Anyar) (Dikeluarkan oleh Samsat Surabaya Timur/Manyar)(Lokasi Samsat klik disini)
G*/H*/J*/K*/L*/M* = Surabaya Selatan (Kec. Wonokromo, Wonocolo, Wiyung, Karang Pilang, Jambangan, Gayungan, Sawahan (sebagian kecamatan), Tenggilis Mejoyo (Surabaya Timur), Dukuh Pakis (Surabaya Barat)) (Dikeluarkan oleh Samsat Surabaya Selatan/Ketintang)(Lokasi Samsat klik disini)
N*/Ø*(ØP dan saja)/P*/Q*/R*/S*/T*/U* (UU saja)  = Surabaya Pusat dan Surabaya Utara (Kec. Tegalsari, Simokerto, Genteng, Bubutan, Bulak, Kenjeran, Semampir, Pabean Cantikan) (Dikeluarkan oleh Samsat Surabaya Utara/Kedung Cowek)(Lokasi Samsat klik disini)
V*/W*/X*/Y*/Z* = Surabaya Barat (Kec. Benowo, Pakal, Asem Rowo, Sukomanunggal, Tandes, Sambikerep, Lakarsantri, Sawahan (Surabaya Selatan, sebagian kecamatan), Krembangan) (Dikeluarkan oleh Samsat Surabaya Barat/Tandes)(Lokasi Samsat klik disini)[2]

Alokasi terbaru (Update terbaru tahun 2018):
I*/Ø*/U* = Bintang kedua menandakan lokasi asal alokasi (seperti yang dijabarkan di atas) (Ø* juga digunakan sebagai plat nomor mutasi/sudah balik nama)


Catatan:
- Sama seperti daerah lain di Provinsi Jawa Timur, Untuk plat warna dasar kuning (angkutan umum), menggunakan format huruf belakang U* atau UU*. Sedangkan untuk kendaraan dinas menggunakan tanda *P (hanya dua huruf saja) dengan tanda (*) menunjukkan kode wilayah registrasi.
- Untuk alokasi plat merah, L #### AP, BP, CP, DP, EP, GP, HP, JP, adalah kendaraan milik Pemprov Jawa Timur (Untuk kantor dinas yang berpusat di daerah Surabaya Selatan dan Surabaya Timur), Kendaraan dinas ITS, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya (UNESA Ketintang) dan UIN Sunan Ampel, sedangkan L #### KP, MP, NP, PP, QP, RP, SP, TP, VP, WP, XP, ZP adalah kendaraan milik Pemkot Surabaya, L #### QP, RP, SP, TP, VP, WP, XP terkadang juga digunakan oleh kendaraan milik Provinsi Jawa Timur (Untuk kantor dinas yang berpusat di daerah Surabaya Utara dan Surabaya Barat) dan kendaraan dinas Universitas Negeri Surabaya (UNESA Lidah Kulon).[3]
- Untuk plat L #### UP digunakan untuk plat kuning dari Surabaya, bukan untuk plat merah.
- Untuk plat L #### UØ digunakan untuk plat kuning dari Surabaya, bukan untuk plat nomor mutasi.
- Untuk plat L ### FK (Hanya 3 angka) digunakan untuk plat merah yang dialokasikan khusus untuk Fakultas Kedokteran Univeritas Airlangga, contoh: L 100 FK
- Huruf O* (Sering ditulis dengan huruf Ø) juga digunakan sebagai plat nomor mutasi/kendaraan yang telah balik nama dengan huruf kedua sebagai lokasi mutasi.
- Huruf X*, Y* dan Z* juga dipakai untuk TCKB (Huruf kedua biasanya menggunakan huruf X, Y, Z).
- Plat nomor L #### *P (Warna plat hitam, bukan merah) juga digunakan sebagai plat nomor sementara pengganti TCKB yang valid digunakan di semua daerah di Provinsi Jawa Timur hingga plat nomor yang asli sudah dikeluarkan. Plat ini biasanya terbuat dari bahan aluminium yang lebih tipis daripada bahan plat asli yang lebih tebal (format ini sudah tidak digunakan lagi sejak penerapan tiga huruf belakang pada plat L).
- Sejak telah diberlakukannya tiga huruf belakang pada plat L, plat nomor sementara pengganti TCKB menggunakan format L #### US* di mana tanda bintang (*) pada format ini dimulai dari huruf J dan seterusnya.

Contoh:
- L 1927 UD Adalah plat nomor angkutan umum di wilayah Surabaya Timur (D)
- L 567 ZN Adalah plat nomor kendaraan pribadi di wilayah Surabaya Barat (Z)
- L 1357 AP Adalah plat nomor milik pemerintah di wilayah Surabaya Timur (A)
- L 2580 ØK Adalah plat nomor yang dimutasi di Surabaya Selatan (K)
- L 9876 YZ  Adalah plat nomor kendaraan pribadi di Surabaya Barat (Y) atau plat TCKB

B. Hal-hal yang berkaitan dengan plat L


Plat L Kota Surabaya:
1. Surabaya itu platnya W
Hal ini jelas salah karena seperti telah disebutkan di atas bahwa Kota Surabaya menggunakan plat L, bukan plat W yang digunakan oleh Kab. Gresik dan Kab. Sidoarjo. Mungkin ada yang beranggapan demikian karena sering melihat bus-bus jurusan Surabaya yang menggunakan plat W, terutama jalur lintas tengah dan selatan Jawa. Sebenarnya bus tujuan Surabaya dari jalur tersebut memiliki tujuan akhir/terminus di terminal Purabaya/Bungurasih yang secara administratif masuk Desa Bungurasih, Kec. Waru, Kab. Sidoarjo namun dikelola oleh pemerintah Kota Surabaya.

Q-A untuk plat L:

Q= Mengapa plat L tidak tiga huruf (misal L **** XYZ), sedangkan ibukota provinsi yang lain di pulau Jawa kebanyakan sudah tiga huruf (misal plat nomor di Jakarta yang menjadi B **** YZR), Padahal Kota Surabaya itu kota besar?
A= Alasannya adalah seperti yang tertulis di atas, plat L hanya mencakup daerah Kota Surabaya saja, sedangkan plat B mencakup daerah Provinsi DKI Jakarta, Depok, Bekasi (Kab. dan Kota), Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, Plat D mencakup daerah Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bandung dan Kab. Bandung Barat, dan Plat H mencakup daerah Kota Semarang, Kota Salatiga, Kab. Semarang, Kab. Kendal dan Kab. Demak. Daerah di sekitar Kota Surabaya yaitu Kab. Gresik dan Kab. Sidoarjo menggunakan plat W, dan Kab. Bangkalan menggunakan plat M yang menyebabkan plat L sebagai satu-satunya plat nomor yang hanya mewakili satu daerah saja di Indonesia. Hal itulah yang menyebabkan plat L sampai sekarang masih menggunakan dua huruf di belakangnya.
(Update Oktober 2021: Dikarenakan alokasi plat nomor sudah habis. Mulai Oktober 2021, Plat L telah resmi memiliki tiga huruf di belakangnya)

Q= Mengapa kota Surabaya sering terlihat banyak kendaraan yang menggunakan plat nomor luar plat L di jalanan?
A= Kota Surabaya adalah salah satu kota di Indonesia yang mengalami tingkat urbanisasi yang sangat tinggi, disamping itu, para penduduk migran juga membawa kendaraan mereka dari daerah asalnya, hal itulah yang menyebabkan banyaknya kendaraan dengan plat selain plat L. Plat nomor luar yang paling banyak di kota Surabaya adalah (Dari yang terbanyak): W (Eks. Karesidenan Surabaya (kecuali kota Surabaya) terdiri dari: Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang), M (Pulau Madura), S (Eks. Karesidenan Bojonegoro), N (Eks. Karesidenan Malang), AG (Eks. Karesidenan Kediri), AE (Eks. Karesidenan Madiun), AD (Eks. Karesidenan Surakarta), B (JADETABEK), P (Eks. Karesidenan Besuki), D (Eks. Karesidenan Parahyangan Barat), DK (Pulau Bali), AB (Daerah Istimewa Yogyakarta), DA (Kalimantan Selatan), DD (Sulawesi Selatan bagian selatan), K (Eks. Karesidenan Rembang), dan KT (Kalimantan Timur).

Galeri

Plat L desain lama untuk privat (Teks putih di atas hitam)

Plat L desain baru untuk kendaraan listrik (EV)
(dengan lis warna biru di bagian tanggal ganti plat nomor,
lis warna biru juga dapat diletakkan pada bagian kanan plat nomor
jika plat nomor tersebut adalah plat nomor pesan)


Referensi:

2. Baliknama.com untuk lokasi samsat.
3. Wikipedia.org dengan sedikit perubahan atas bukti lapangan.

68 comments:

  1. Mohon info nya,sy baru beli kendaraan dan mau cabut berkas.untuk plat nomor L 1506 RE proses di samsat mana kah?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat dari alamat di STNK nya pak.. Baru nanti ketahuan dari Samsat mana...

      Delete
    2. akhiran RE ... R dipastikan ikut samsat suramadu kedung cowek

      karena huruf N O P Q R S T U bagian wilayah samsat kedung cowek

      Delete
    3. Ya, itu benar.
      Tapi untuk huruf O/Ø, seperti yang tertulis di atas hanya untuk plat kuning saja (Seperti L 7526 UØ untuk plat kuning wilayah Surabaya Pusat dan Utara). Sedangkan untuk plat hitam, huruf O/Ø adalah untuk plat nomor mutasi (seperti L 5758 ØK untuk sepeda motor yang dimutasi ke Surabaya Selatan (K = Surabaya Selatan)). Begitu kira-kira

      Yuzuru

      Delete
  2. Replies
    1. Inggih, sami-sami.
      (Iya, sama-sama.)

      Yuzuru

      Delete
  3. L 1983 AM itu plat nomer surabaya daerah mn ya gan? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alokasi plat nomor berakhiran AM ada di wilayah Samsat Surabaya Timur/Manyar, Jika Anda ingin mengurus segala urusan yang berhubungan dengan plat nomor tersebut, silakan kunjungi Samsat Surabaya Timur/Manyar.

      Sekian dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan silakan membalas komentar ini. Terima kasih

      Delete
    2. (Hanya mengingatkan...)

      Kepada para pembaca, mohon untuk membaca artikel dan komentar-komentarnya terlebih dahulu sampai tuntas sebelum mengajukan pertanyaan Anda, karena mungkin saja pertanyaan Anda telah terjawab oleh artikel kami. Bila Anda merasa artikel kami kurang membantu atau kurang jelas untuk menjawab pertanyaan Anda, jangan malu-malu untuk bertanya kepada kami melalui diskusi komentar di setiap artikel kami. Terima kasih

      Yuzuru

      Delete
  4. Untuk akhoran CE daerah mana pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plat nomor L **** CE masuk di dalam alokasi wilayah Surabaya Timur, Anda bisa mengurus urusan surat-menyurat kendaraan Anda di Samsat Manyar yang berada di JL. Manyar Kertoarjo (Sebelah kantor Dipenda Provinsi Jawa Timur).

      Sekian dari saya, jika ada hal yang ingin ditanyakan, silakan balas komentar ini dan mari kita budayakan membaca artikel sampai tuntas karena siapa tahu pertanyaan Anda telah terjawab di dalam artikel tersebut. Terima kasih

      Yuzuru

      Delete
  5. mau tanya ktp saya ikut kelurahan sawahan.
    ingin ngurus sim duplikat,ikut samsat mana ya??
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk wilayah Sawahan, Anda bisa mengurusnya di Samsat Ketintang atau di Samsat Tandes sesuai alamat samsat yang mengeluarkan STNK tersebut. Hal ini dikarenakan sebagian wilayah kecamatan Sawahan ada yang masuk wilayah Samsat Surabaya Barat (Tandes) dan ada yang masuk wilayah Samsat Surabaya Selatan (Ketintang).

      Sekian dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan, silakan balas komentar ini. Terima kasih

      Yuzuru

      Delete
  6. Selamat pagi, saya rencana mau beli sepeda motor, tapi kebanyakan yg d jual d wilayah samsat Surabaya Utara, apabila nanti saya beli sepeda d wilayah sby Utara dan ingin balik nama sesuai ktp saya d wilayah sby timur apa perlu cabut berkas y. Dan kira2 biaya kena berapa. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk membeli sepeda motor baru, Anda dapat membeli kendaraan dari mana saja dan plat nomornya bisa didaftarkan dimana saja. Anda tetap bisa membeli sepeda motor di Surabaya Utara namun Anda harus mengonfirmasi dahulu kepada dealer Anda untuk mendaftarkan kendaraan Anda di lokasi/domisili yang Anda inginkan. Jadi Anda tidak perlu repot-repot mengurus perpindahan surat-surat dari Surabaya Utara ke Surabaya Timur, kecuali Anda sudah terlanjur mendaftarkan kendaraan Anda di wilayah Surabaya Utara.

      Sekian dari saya, jika ada pertanyaan lain, silakan balas komentar ini. Terima kasih...

      Yuzuru

      Delete
  7. Pagi,saya baru beli spda maotor bekas daerah sby utara dan sya tinggal disidoarjo kalau balik nama sekalian pindah wilayah bisa gak ya?trus kira" biayanya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk urusan balik nama, Silakan Anda mengunjungi Samsat terdekat di daerah Anda, di sana akan dijelaskan mengenai syarat balik nama, bagaimana prosesnya, dan berapa biayanya. Saya secara pribadi belum pernah menggunakan layanan balik nama untuk kendaraan yang dimutasi antar wilayah samsat. Sekian jawaban saya, jika ada pertanyaan lain silakan balas komentar ini. Terima kasih

      Yuzuru

      Delete
  8. Permisi saya baru beli motor gan ini platnya ZH
    klo dalam artikel bahwa awlan Z adalah samsat surabaya barat.
    Sedangkan bila di lihat dari alamat kecamatan krembangan. Dan trmasuk samsat utara.
    So motor saya ini dari samsat mana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas infonya...
      Saya sendiri sudah meninjau kembali bahwa Kec. Krembangan berada di wilayah Surabaya Barat dan samsat untuk Surabaya Barat adalah di Samsat Tandes.

      Sekian dari saya, saya mohon maaf atas kesalahan data saya dan terima kasih atas koreksinya, semoga bermanfaat...

      Delete
  9. Siap pak, mau tanya klo Plat nomor saya L1607OV itu penjelasanya gmn?soalnya diartikel masuk Samsat SBY Utara, tapi saya cek di Samsat online gak terdaftar disana? Uda dicoba berkali-kali juga gak terdaftar. Mohon pencerahanya.
    Matursuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alokasi plat nomor berakhiran "OV" (Tertulis "ØV")ada di wilayah Samsat Surabaya Barat/Tandes. Hal ini dikarenakan huruf "Ø" merupakan penanda bahwa plat nomor pada kendaraan tersebut adalah plat nomor mutasi dan kode wilayahnya adalah "V" yang merupakan kode plat nomor untuk wilayah Surabaya Barat. Jika Anda ingin mengurus segala urusan yang berhubungan dengan plat nomor tersebut, silakan kunjungi Samsat Surabaya Barat/Tandes.

      Sekian dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan silakan membalas komentar ini. Terima kasih

      Yuzuru

      Delete
  10. mohon pencerahanya, sy tinggal di kecamatan krembangan tapi samsatnya ikut kb tandes, apakah keckrembangan ada yg mmg ikut wilayah kb samsat surabaya barat. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas infonya...
      Saya sendiri sudah meninjau kembali bahwa Kec. Krembangan berada di wilayah Surabaya Barat dan samsat untuk Surabaya Barat adalah di Samsat Tandes.

      Sekian dari saya, saya mohon maaf atas kesalahan data saya dan terima kasih atas koreksinya, semoga bermanfaat...

      Delete
    2. Kec. Krembangan ikut Samsat Tandes sejak 2014. Sebelumnya ikut Samsat Kedung Cowek

      Delete
  11. Mohon infonya klo plat L****SY ikut samsat mana? Mau balik nama tp masih bingung lokasi samsatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alokasi plat nomor berakhiran SY ada di wilayah Samsat Surabaya Utara/Kedung Cowek, Jika Anda ingin mengurus segala urusan yang berhubungan dengan plat nomor tersebut, silakan kunjungi Samsat Surabaya Utara/Kedung Cowek.

      Sekian dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan silakan membalas komentar ini. Terima kasih

      Delete
    2. Plat L KK samsat mana pak

      Delete
    3. Alokasi plat nomor berakhiran KK ada di wilayah Samsat Surabaya Selatan/Ketintang atau jika Anda baru mendapatkan plat nomor baru, ada di wilayah Samsat Surabaya Timur/Manyar. Jika Anda ingin mengurus segala urusan yang berhubungan dengan plat nomor tersebut, silakan kunjungi Samsat Surabaya Selatan/Ketintang atau Samsat Surabaya Timur/Manyar sesuai dengan keterangan yang ada di STNK Anda.

      Sekian dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan silakan membalas komentar ini. Terima kasih

      Delete
  12. (Hanya mengingatkan saja...)

    Kepada para pembaca, mohon untuk membaca artikel dan komentar-komentarnya terlebih dahulu sampai tuntas sebelum mengajukan pertanyaan Anda, karena mungkin saja pertanyaan Anda telah terjawab oleh artikel kami. Bila Anda merasa artikel kami kurang membantu atau kurang jelas untuk menjawab pertanyaan Anda, jangan malu-malu untuk bertanya kepada kami melalui diskusi komentar di setiap artikel kami. Mari kita membiasakan diri untuk membaca dan memahami bacaan yang dibaca. Terima kasih

    Yuzuru

    ReplyDelete
  13. Maaf may tanya kalau plat L 4762 NR
    Ikut Samsat mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alokasi plat nomor berakhiran NR ada di wilayah Samsat Surabaya Utara/Kedung Cowek, Jika Anda ingin mengurus segala urusan yang berhubungan dengan plat nomor tersebut, silakan kunjungi Samsat Surabaya Utara/Kedung Cowek.

      Sekian dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan silakan membalas komentar ini. Terima kasih

      Delete
    2. (Hanya mengingatkan saja...)

      Kepada para pembaca, mohon untuk membaca artikel dan komentar-komentarnya terlebih dahulu sampai tuntas sebelum mengajukan pertanyaan Anda, karena mungkin saja pertanyaan Anda telah terjawab oleh artikel kami. Bila Anda merasa artikel kami kurang membantu atau kurang jelas untuk menjawab pertanyaan Anda, jangan malu-malu untuk bertanya kepada kami melalui diskusi komentar di setiap artikel kami. Mari kita membiasakan diri untuk membaca dan memahami bacaan yang dibaca. Terima kasih

      Yuzuru

      Delete
  14. Maaf mau tanya.. Akhiranya OQ ikut samsat mana..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alokasi plat nomor berakhiran "OQ" (Tertulis "ØQ") ada di wilayah Samsat Surabaya Utara/Kedung Cowek. Hal ini dikarenakan huruf "Ø" merupakan penanda bahwa plat nomor pada kendaraan tersebut adalah plat nomor mutasi dan kode wilayahnya adalah "Q" yang merupakan kode plat nomor untuk wilayah Surabaya Pusat dan Utara. Jika Anda ingin mengurus segala urusan yang berhubungan dengan plat nomor tersebut, silakan kunjungi Samsat Surabaya Utara/Kedung Cowek.

      Sekian dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan silakan membalas komentar ini. Terima kasih

      Yuzuru

      Delete
  15. "Huruf O* (Sering ditulis dengan huruf Ø) digunakan untuk plat nomor mutasi/kendaraan yang telah balik nama dengan huruf kedua sebagai lokasi mutasi."
    Maksudnya gimana ya gan? aku baru beli motor, KTP Surabaya Timur(Gunung Anyar), tp kok platnya L #### OF ya? padahal beli baru langsung di dealer.. Matur Nuwun jawabannya Gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel ini saya tulis dua tahun yang lalu dengan mengacu pada hasil pemantauan saya di tahun 2016 sehingga bisa saja ada beberapa perubahan yang diakibatkan oleh bertambahnya jumlah penduduk atau adanya perubahan regulasi. Untuk plat nomor Anda, mungkin saja huruf Ø* juga digunakan sebagai "huruf acak" dari plat tersebut dan huruf F sebagai huruf penanda lokasi Samsat yang jadinya L #### ØF sebagai plat nomor dari Surabaya Timur walaupun beli baru fresh dari dealer. Kondisi ini juga berlaku untuk sepeda motor keluaran terbaru dari registrasi Samsat Surabaya Utara yang mulai banyak menggunakan alokasi U* (Contoh: L 4826 UR) dan mobil keluaran terbarudari registrasi Surabaya Selatan yang mulai banyak menggunakan alokasi I* (Contoh: L 1945 ID) (Untuk alokasi dan pembagian wilayahnya, bisa dibaca lagi artikel di atas)

      Sekian dari saya, jika ada pertanyaan lain silakan balas komentar ini. Terima kasih

      Yuzuru

      Delete
  16. Mau tanya custsaya orang semarang ktp semarang pgn beli mobil disurabaya pgn pke plat L bisa tidak ya da solusi enggak bagi yang tau mohon infonyabke wa saya 081238168535

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk perihal pertanyaan itu, Anda bisa menanyakan pertanyaan tersebut ke Samsat terdekat karena pertanyaan tersebut diluar kapasitas saya karena saya sendiri bukanlah orang Samsat dan artikel ini hanya untuk menyampaikan tentang plat nomor itu sendiri, bukan tentang cara mengurus STNK ataupun hal-hal lainnya yang berhubungan dengan surat-surat kendaraan. Dan mohon untuk tidak menulis/menyebarkan nomor pribadi di forum umum seperti website ini untuk menjaga data-data penting dan privasi Anda, Jika Anda ingin memberikan nomor telepon Anda, Anda bisa langsung mengirimkan pesan melalui kontak media sosial yang tertera di banner website ini.

      Sekian dari saya, mohon maaf saya tidak dapat menjawab pertanyaan Anda. Terima kasih...

      Delete
  17. mau tanya om..ane beli motor mau urus pajak 5th.an alias ganti plat..nopol.nya (L **** VI) itu ikut samsat mana y om.? trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alokasi plat nomor berakhiran VI ada di wilayah Samsat Surabaya Barat/Tandes, Jika Anda ingin mengurus segala urusan yang berhubungan dengan plat nomor tersebut, silakan kunjungi Samsat Surabaya Barat/Tandes.

      Sekian dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan silakan membalas komentar ini. Terima kasih

      Delete
  18. Permisi pak kalo plat L **** NN ikut Samsat mana pak alamat pandigiling kec. Tegalsari
    Mohon ingo pak soalnya mau balik nama .dan baru pertama kali ngurus pak mohon infonya ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alokasi plat nomor berakhiran NN ada di wilayah Samsat Surabaya Utara/Kedung Cowek, Jika Anda ingin mengurus segala urusan yang berhubungan dengan plat nomor tersebut, silakan kunjungi Samsat Surabaya Utara/Kedung Cowek dan lokasi Samsat silakan klik disini.

      Sekian dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan silakan membalas komentar ini. Terima kasih

      Delete
  19. Mohon pencerahan nya. Saya punya mobil x taxi plat L (asemrowo) masih plat kuning. Gimana y proses rubah jadi hitam terus dimutasi wilayah kediri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya saya mohon maaf tidak dapat menjawab pertanyaan Anda karena saya sendiri bukanlah pihak internal Samsat. Sejauh yang saya ketahui, untuk di wilayah Kec. Asemrowo dapat mengurus segala keperluan surat-surat kendaraan dan informasi tentang perubahan data-data kendaraan di Samsat Tandes.
      Sekian dari saya, jika ada maksud lain silakan balas komentar ini. Terima kasih

      Yuzuru

      Delete
  20. Thanks gan. Sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, terima kasih telah berkunjung ke website saya

      Yuzuru

      Delete
  21. Permisi gan , saya beli mobil sebelumnya platnya L xxxx zv , setelah saya balik nama kok ganti L xxxx ID yaa padahal saama2 samsat tandes surabaya barat ? Sedangkan surabaya barat VWXYZ kok bisa dpet ID

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berhubung artikel ini dibuat dua tahun yang lalu, ada kemungkinan artikel ini perlu diupdate. Untuk plat L **** I#, bisa terjadi karena alokasi plat nomor untuk mobil sudah mulai penuh sehingga butuh kode lainnya yang jarang dipakai (Dalam kasus ini huruf "I", bukan huruf "U" yang sudah digunakan untuk plat kuning) agar plat nomor tetap bisa dirilis karena sampai sekarang Polrestabes Surabaya masih belum merilis plat nomor tiga huruf. Dan Anda mendapatkan kode yang berbeda mungkin dikarenakan huruf "I" berlaku untuk seluruh Kota Surabaya (Walaupun saya lebih sering melihatnya di Surabaya Selatan tapi ada kemungkinan untuk lebih berkembang lagi). Sekian dari saya, jika ada yang pertanyaan lain yang ingin ditanyakan silakan balas komentar ini. Terima kasih

      Yuzuru

      Delete
  22. Saya beralamat di kedinding lor,tp plat saya kok L....AO?

    ReplyDelete
  23. Tanya alamat plat belakang nya L****T ikut samsat mana ya pak ??? Mohon d beritahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alokasi plat nomor berakhiran T ada di wilayah Samsat Surabaya Utara/Kedung Cowek, Jika Anda ingin mengurus segala urusan yang berhubungan dengan plat nomor tersebut, silakan kunjungi Samsat Surabaya Utara/Kedung Cowek dan lokasi Samsat silakan klik disini.

      Sekian dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan silakan membalas komentar ini. Terima kasih

      Delete
  24. Permisi gan mau tanya
    Plat saya l **** vm
    Distnk tertera alamatnya kec sawahan
    Kec sawahan itu iku samsat ketintang apa tandes gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecamatan Sawahan itu dulunya masuk Samsat Ketintang, lalu kemudian dialihkan ke Samsat Tandes. Jadi untuk saat ini urusan surat-menyurat kendaraan di wilayah Kecamatan Sawahan bisa dilakukan di Samsat Tandes.
      Sekian dari saya, jika ada pertanyaan lain, silakan membalas pesan ini. Terima kasih

      Yuzuru

      Delete
  25. Minta tolong dong ini apakah berisko di belakangnya apa baik baik saja saya di lokasi surabaya utara untuk kode belakang seharusnya huruf A sampai F tapi plat motor baru saya yaitu huruf K apakah ada resiko yang terjadi ke belakangnya tolong bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samsat saya manyar tapi kode plat saya L****KB seharusnya kan kodenya A-F

      Delete
    2. Berhubung artikel ini dibuat tiga tahun yang lalu, ada kemungkinan artikel ini perlu diupdate. Untuk plat L **** K#, bisa terjadi karena alokasi plat nomor untuk kendaraan sudah mulai penuh sehingga butuh kode lainnya yang jarang dipakai (Dalam kasus ini huruf "K" yang seharusnya adalah alokasi plat nomor untuk Samsat Surabaya Selatan juga dipakai untuk alokasi Samsat Surabaya Timur) agar plat nomor tetap bisa dirilis karena sampai sekarang Polrestabes Surabaya masih belum merilis plat nomor tiga huruf. Dan Anda mendapatkan kode yang berbeda mungkin dikarenakan yang menggunakan huruf "K" lebih sedikit (Walaupun saya lebih sering melihatnya di Surabaya Selatan tapi ada kemungkinan untuk lebih berkembang lagi).

      Untuk alokasi yang tidak lazim (dalam hal ini alokasi Samsat Surabaya Selatan yang juga dipakai untuk Samsat Surabaya Timur) tidak ada masalah dan tidak akan bermasalah selama plat nomor tersebut bukan plat nomor palsu.

      Sekian dari saya, jika ada yang pertanyaan lain yang ingin ditanyakan silakan balas komentar ini. Terima kasih

      Yuzuru

      Delete
  26. Min mau tanya kalau plat L****ce itu ikut daerah surabaya mana min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alokasi plat nomor berakhiran CE ada di wilayah Samsat Surabaya Timur/Manyar, Jika Anda ingin mengurus segala urusan yang berhubungan dengan plat nomor tersebut, silakan kunjungi Samsat Surabaya Timur/Manyar.

      Sekian dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan silakan membalas komentar ini. Terima kasih

      Delete
  27. Kalau alamat awal stnk jambangan lalu mau balik nama alamat kupang krajan ikut samsat mana ya jadinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya mohon maaf, artikel ini hanya membahas tentang plat nomor Kota Surabaya, bukan cara mengurus urusan surat-surat yang berhubungan dengan plat nomor. Untuk urusan balik nama/mutasi, Anda bisa menanyakan hal tersebut ke Samsat terdekat. Terima kasih

      Yuzuru

      Delete
  28. Utk huruf daerah pendaftaran lokasi (huruf pertama dibelakang) sudah jelas, namun untuk huruf kedua kok saya belum jelas ya kak... Semisal L xxxx NI nomor wilayah Surabaya, samsat Kedung cowek, trus huruf "I" nya artinya apa ya kak.makasih ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huruf terakhir (dalam hal ini huruf "I" dalam plat L **** NI) adalah huruf acak dalam plat nomor, jadi huruf ini dipilih secara acak dan tidak melambangkan kode tertentu

      Sekian dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan silakan membalas komentar ini. Terima kasih

      Yuzuru

      Delete
  29. Saya pengen tahu plat no L 4049 Ø wilayah Mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut E-samsat Jatim kendaraan tsb ikut Samsat Kedung Cowek (Surabaya Utara)

      Delete
  30. Gan, beberapa kendaraan milik tetangga saya di Kec. Sukolilo berplat nomor dengan kisaran L ##### (H*-M*) yang berarti terdaftar di Samsat Ketintang. Apakah sudah berubah ya? Karena seingat saya Kec. Sukolilo ikut Surabaya Timur(Manyar) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permisi min, ternyata kode
      wilayah Samsat Surabaya Timur sudah diperluas. Yang masih saya pertanyakan itu daerah Kec. Sawahan mana yang ikut Samsat Surabaya Selatan?

      Delete
  31. Kalau belakang L.......UA ikut samsat mana kak

    ReplyDelete
  32. L **** i Samsat mana pak?

    ReplyDelete