Penyebab Motor Menjadi Boros Bensin - Orihara Yuzuru

17 May 2014

Penyebab Motor Menjadi Boros Bensin

Apa ya yang bisa buat sepeda motor agan-agan bisa menjadi boros tidak seperti awal membeli sepeda motor yaitu

Spoiler for Penyebab sepeda motor boros bensin dari yang sepele sampai yang serius:
Spoiler for 1:


Salah Seting Gir

Kenapa pabrik pasang gir reduksi motor baru sama semua? Pertimbangannya, setingan gir segitu sesuai dengan power mesin dan trek pada umumnya. Maksudnya kalau jalan yang dilalui menanjak tinggal dibuat enteng. Sebaliknya dibikin berat umpama jalurnya banyak datar.

Makanya ingat. Saat melakukan seting sproket, teori macam itu jangan sampai terbalik. “Kalau terbalik, bukan cuma motor yang tidak bertenaga. Bensin yang dikonsumsi makin boros,”


Spoiler for 2:


Rantai Kendur

Rantai roda kendur tenaga mesin hilang. Gas ditarik namun lama berreakasi. Roda berputar lebih lama lantaran menunggu rantai mengencang. Makin boros jika mata gir dan rantai aus. Juga karet peredam gir sudah pada terkoyak.


Spoiler for 3:


Laher Roda Seret

Bola laher seret akibat karat atau permukaan sudah koyak. Akibat pemasangan laher salah pun bisa bikin bensin boros. Contoh kalau dudukan laher di teromol longgar akibat terkikis. Alhasil lingkar dalam laher akan terjepit dengan bos teromol dan menyebabkan putaran tersendat.


Spoiler for 4:


Kampas Kopling Tipis

Kerap kali Em-Plus menegur pemilik motor agar mengganti kampas kopling. Jika kerja pemindah daya nggak maksimal, tenaga dari mesin untuk menyalurkan ke komponen reduksi jadi terbuang percuma. Enggak heran kalau kampas kopling tipis disebut biang boros bensin. Karena tenaga dari mesin tidak efektif memutar reduksi. Yang ada, bensin banyak dikeluarkan.


Spoiler for 5:


Kabel Massa Kendur

Jangan lihat kabel massa di motor sebagai peranti sepele. Terlebih tunggangan yang mengusung pengapian arus DC. Jika aliran arus di kabel massa tidak maksimal, timbul gejala mbrebet saat mesin bekerja.

“Sebab komponen pengapian tidak didukung arus setrum yang sempurna. Tak ayal gejala mbrebet pun berisiko gas bakar terbuang percuma,”


Spoiler for 6:


Slang Getas Bikin Bocor

Bensin boros nggak cuma disebabkan pembakaran tak sempurna. Tapi slang bensin getas akibat kelewat waktu pakai, juga faktor utama cairan gas bakar ini hilang entah kemana. Soale, slang getas yang diklaim tidak mampu menjepit ke pipa di kran dan karbu, berisiko melepas bensin lewat celah yang sudah longgar.
Jangan lupa dong diganti.


Spoiler for 7:


Filter Udara Kotor

Filter udara kotor mengakibatkan suplai bensin ke ruang bakar berlebih. Udara yang mestinya bercampur dengan bensin jadi tidak imbang gara-gara terhimpit debu. Di ujung cerita, pasokan bensin tambah boros.


Spoiler for 8:


Hindari Paking Knalpot Bocor

Paking bocor juga bisa bikin boros. Sebab silinder masih butuh tendangan balik (turbulensi) gas bakar yang dilepas lewat pipa knalpot. “Jika paking bocor, tendangan balik berkurang. Gas bakar baru banyak yang terbawa keluar,”


Spoiler for 9:


Gas Seret

Idealnya, gas bakar akan terisap bila piston skep diperintah untuk membuka. Makanya bila kabel seret, skep terangkat melulu dan bensin mengalir terus. Agar tidak mubazir, segara servis kelancaran kabel gas skep karbu. Cukup dicuci pakai cairan pembersih dan dilumasi oli, dijamin gas bakar tidak terbuang percuma.


Spoiler for Saran dari ane:
Memang gan hal sepele, tapi hal yang sepele lama-lama bisa berakhir fatal tolonglah sesibuk apapun agan-agan luangkan waktu buat motor agan-agan rawatlah motor agan dengan semestinya karna motor yang selalu menemani kita kemana-mana semoga membantu agan ya dari apa yang ane berikan.


Sumber:
tokoilmusebasebi.blogspot.com
Kaskus

No comments:

Post a Comment