Nah, kali ini saya akan memberikan cara supaya font dalam dokumen kita tetap ada walaupun dokumen dibuka di komputer siapapun dan manapun tanpa repot-repot menyalin font milik kita sendiri ke komputer lain. tutorial ini berlaku untuk hampir semua program office (Word, Excel, PowerPoint, Publisher, dan lain-lain) dan hampir semua edisi office (2007, 2010, 2013, 365, dan 2016).
(Klik tiap gambar untuk memperbesar dan tekan tombol Backspace untuk kembali ke artikel)
1. Buka program office yang ingin digunakan. Dalam tutorial ini, saya membuka MS. Word.
Buka program officenya... |
Ketik seperti biasa |
Edit teks yang telah kita masukkan dengan font yang dikehendaki (font: Cloister Black, Blue Highway, Pou, SAO Welcome TT, dan Estelle) |
4. Simpan file office kita dengan mengetikkan nama file-nya, tapi jangan di-save/di-enter dulu
Simpan dulu, tapi jangan keburu di-save/enter dulu |
5. Klik Tools/Alat ==> Save Option.../Opsi Amankan...
Klik Tools/Alat ==> Save Option.../Opsi Amankan |
6. Kemudian muncul jendela <MS. Office> Options/Opsi <MS. Office>
Muncul jendela "Word options" |
7. Contreng bagian "Embed fonts in the files"/"Tanamkan font dalam berkas", jika hanya ingin menggunakan font itu saja tanpa tambahan font lain, contreng juga bagian "Embed only the characters used in the document (best for reducing file size)"/"Tanamkan hanya karakter yang digunakan dalam dokumen (terbaik untuk pengecilan ukuran Berkas)". lalu klik Ok/tekan tombol Enter
Contreng dan contreng... |
8. Kemudia tinggal klik tombol save/amankan atau tekan tombol enter.
Tinggal enter, selesai dah... |
Trims infonya, bermanfaat banget.
ReplyDeleteDitunggu kunjungan baliknya ke postingan terbaru saya di : Cara Lihat Ram Prosesor & Bit Komputer Laptop atau Toko Komputer