Hal-Hal yang Membedakan Sifat Orang Indonesia dan Jepang - Orihara Yuzuru

11 March 2014

Hal-Hal yang Membedakan Sifat Orang Indonesia dan Jepang

"Hal-hal yang Membedakan Sifat Orang Indonesia dan Jepang"

Related Article: 7 Hal yang Bisa Diteladani Dari Jepang
Dibawah ini adalah 14 perbedaan Orang Indonesia dan orang Jepang, ini ulasannya:
1. Ketika di kendaraan umum:
Jepang: Orang2 pada baca buku atau tidur.
Indonesia: Orang2 pada ngobrol, ngegosip, ketawa-ketiwi cekikikan, ngelamun, dan tidur.
2. Ketika makan dikendaraan umum:
Jepang: Sampah sisa makanan disimpan ke dalam saku celana atau dimasukkan ke dalam tas, kemudian baru dibuang setelah nemu tong sampah.
Indonesia:
Dengan wajah tanpa dosa, sampah sisa makanan dibuang gitu aja di kolong bangku/dilempar ke luar jendela.
3. Ketika dikelas:
Jepang: Yang kosong adalah bangku kuliah paling belakang.
Indonesia: Yang kosong adalah bangku kuliah paling depan.
4. Ketika dosen memberikan kuliah:
Jepang: Semua mahasiswa sunyi senyap mendengarkan dengan serius.
Indonesia: Tengok ke kiri, ada yg ngobrol. Tengok ke kanan, ada yg baca komik. Tengok ke belakang, pada tidur. Cuman barisan depan aja yg anteng dengerin,
itu pun karena duduk pas di depan hidung dosen!
5. Ketika diberi tugas oleh dosen:
Jepang: Hari itu juga, siang/malemnya langsung nyerbu perpustakaan atau browsing internet buat cari data.
Indonesia: Kalau masih ada hari esok, ngapain dikerjain hari ini!
6. Ketika terlambat masuk kelas:
Jepang: Memohon maaf sambil membungkukkan badan 90 derajat, dan menunjukkan ekspresi malu + menyesal gak akan mengulangi lagi.
Indonesia: Slonong boy & slonong girl masuk gitu aja tanpa bilang permisi ke dosen sama sekali.
7. Ketika dijalan raya:
Jepang: Mobil sangat jarang (kecuali di kota besar). Padahal jepang kan negara produsen mobil terbesar di dunia, mobilnya pada ke mana ya?
Indonesia: Jalanan macet, sampe2 saya susah nyebrang & sering keserempet motor yg jalannya ugal-ugalan.
8. Ketika jam kantor:
Jepang: Jalanan sepiiiii banget, kayak kota mati.
Indonesia: Ada Oknum pake seragam coklat2 pada keluyuran di mall-mall.
9. Ketika buang sampah:
Jepang: Sampah dibuang sesuai jenisnya. Sampah organik dibuang di tempat sampah khusus organik, sampah anorganik dibuang di tempat sampah anorganik.
Indonesia: Mau organik kek, anorganik kek, bangke binatang kek, semuanya tumplek jadi 1 dalam kantong kresek.
10. Ketika berangkat kantor:
Jepang: Berangkat naik kereta/bus kota. Mobil cuma dipake saat acara keluarga atau yg bersifat mendesak aja.
Indonesia: Gengsi dooonk... Masa' naik angkot?!
11. Ketika janjian ketemu:
Jepang: Ting...tong...semuanya datang tepat pada jam yg disepakati.
Indonesia: Salah 1 pihak pasti ada dibiarkan sampai berjamur & berkerak gara2 kelamaan nunggu!
12. Ketika berjalan dipagi hari:
Jepang: Orang2 pada jalan super cepat kayak dikejar doggy, karena khawatir telat ke kantor/sekolah.
Indonesia: Nyantai aja cing...! Si boss juga paling datengnya telat!
13. Ekspresi wajah
jepang : ekpresi wajah orang jepang cool tapi di dalem hati semangatnya sudah bulat,atau membara
indonesia : di luar semangatnya luar biasa dan sangat yakin dan membara, tapi di dalam hati masih belum yakin kalau bisa.
14. Aktifitas kampus
jepang : kebanyakan mahasiswa di sana, setiap tempat" nongkrong pasti banyak orang" lagi belajar dan mengerjakan tugas bersama
indonesia : kebanyak kalau ada waktu, di tempat" kampus, nongkrong, ngobrol dan main kartu gan, alias main remi atau domino.
bukak leptop pu kebanyakan bukak FB,twiter dan download music gratis
Sekarang kita introspeksi diri, mencontoh yang baik dan mau mengubah perilaku kita, karena mengubah perilaku kita ke jalan yang benar akan mendapatkan pahala di sisi Allah S.W.T Amin...
Tapi, rasanya gak adil deh kalau saya hanya memberikan sisi negatif dari orang Indonesia saja, inilah keunggulan orang Indonesia daripada orang Jepang:
Generasi muda Indonesia memiliki beberapa kelebihan dibanding generasi muda Jepang, apa saja?
1. Bahasa Inggris
Untuk yang satu ini, tanpa data pun terbukti bahwa anak-anak muda Indonesia lebih bagus bahasa Inggrisnya dibandingkan anak-anak muda Jepang. Kalaupun ingin dibuktikan, mungkin bisa dengan sampling sederhana. Coba pilih secara acak 10 anak muda Indonesia di bilangan Senayan dan 10 anak muda Jepang di daerah Shibuya. Terus ajak ngobrol dengan bahasa Inggris. Perbedaannya akan jelas. :D :D :D
2. Sifat petualang, berani mencoba hal baru
Karakter ini yang mungkin sedikit banyak menjelaskan mengapa orang Jepang bahasa Inggrisnya agak kurang. Walaupun mereka belajar banyak, tapi enggan untuk mempraktekkannya.
Tapi efek karakter ini tidak berhenti sampai di situ.
Ketika 400 businessman Jepang ditanya apakah mereka mau ditempatkan oleh kantornya di luar negeri, 67% menjawab tidak. Lalu, fakta lainnya, jumlah mahasiswa Jepang di luar negeri menurun stabil sejak 2008. Kenapa? Menurut para analis, anak muda Jepang sekarang semakin tidak berani mengambil tantangan, risk-averse.
Coba bandingkan dengan Indonesia. Alumni-alumni ITB, UI dan sebagainya sekarang semakin banyak yang mencoba peluang kerja di luar negeri, terutama Singapore. Belum lagi kalau bicara jumlah mahasiswa Indonesia yang ingin lanjut studi ke luar negeri. Hanya kadang masalahnya justru biaya dan tidak ada beasiswa.
3. Jiwa entrepreneurship 
Memang benar, lebih dari 80% perusahaan Jepang adalah UKM dengan kontribusi PDB 70%. Tapi rasa-rasanya itu adalah kontribusi para generasi terdahulu Jepang.
Seperti kalau kita melihat daftar perusahaan-perusahaan multinasional asal Jepang, memang ada sangat banyak, tapi tidak ada yang berdiri setelah tahun 1946. Sedangkan raksasa-raksasa baru seperti Google, Facebook, yang banyak membentuk ekonomi sekarang adalah generasi 1990-an. Apa artinya? Generasi muda Jepang sekarang tidak sekuat generasi orang tuanya dalam hal wirausaha.
Indonesia? Tidak ada data yang akurat. Hanya saja, jika diperhatikan geliat anak-anak muda Indonesia sangat luar biasa. Mulai dari kisah Hendy Setiono dengan Baba Rafi-nya sampai Achmad Zaky dengan bukalapak.com-nya. Sangat kontras dengan mahasiswa-mahasiswa Jepang, yang berorientasi mencari pekerjaan setelah lulus.
4. Semangat berkontribusi
Generasi muda Indonesia, selalu berusaha untuk berkontribusi terhadap bangsa dan negaranya. Ini dibuktikan dengan adanya program Indonesia Mengajar. Walaupun kecil, walaupun sebatas yang bisa dilakukan tetapi anak-anak muda Indonesia bergerak dan terus bergerak untuk bangsa.  Ibaratnya, dua orang Indonesia kumpul jadilah makan-makan. Tiga orang jadilah diskusi. Lima orang jadilah milis. Sepuluh orang jadilah seminar. Dan ini ada di mana-mana.
5. Berjiwa Pertualang
Anak-anak muda di Jepang, jika tidak ada pemandu mereka akan takut untuk mendatangi wilayah / negara baru. Ini dimungkin karena kesulitan bahasa. Point nomer 1 diatas. Berbeda dengan generasi muda Indonesia, yang mempunyai jiwa petualang yang tinggi. Walaupun tidak bisa berbahasa Jepang, China, Spain, dll, kita masih bisa menggunakan bahasa inggris dan bahasa tubuh, yang terpenting lawan bicara bisa mengerti. Ini membuktikan keberanian mental orang Indonesia lebih bagus daripada orang Jepang.
Sekian artikel saya, semoga bermanfaat
Sumber dari J-Cul

12 comments:

  1. Buat Yang no. 3 , 10 , 11 , 12 , 13 Gue Kurang Stuju Gan , Kan Juga Kagak Semua orang Jepang/ Indo Bgtu , Cuman Saran Aj kok gan , CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang gak semua sih, ada sisi baik ama buruk dari semua orang kok ^^

      Delete
  2. satu lagi
    klu di jepang Tidak pernah menghitung uang kembalian dari kasir. Uangnya selalu pas, dan tidak ditukar dengan permen, atau ditawarkan untuk disumbangkan.






    Lowongan Magang kerja perusahaan jepang gaji 15-25 juta/Bulan

    Magang Jepang Non IMM
    Progam Magang Jepang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Indonesiapun juga gitu jika anda mau, biasanya di supermarket juga gitu, makasih infonya juga ^^

      Delete
  3. kak, ijin tag-share yaaaa :D

    ReplyDelete
  4. tabasko_id5/7/15 01:51

    Saya rasa tulisan ini masih terlalu subjektif.. Terkesan org jepang lebih baik dari org indo.. Walopun klo dilihat scr keseluruhan orang jepang memang sudah lebih maju dari Indo.. Tapi bagi saya org jepang tidak sesempurna itu.. Dan tidak smw org Indo seburuk itu, ini kesan yg saya dapat dari membaca tulisan ini.. asal kita berani saling mengingatkan (langsung), mungkin indo bisa jadi lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, memang saya akui bahwa artikel ini "sedikit" berpihak pada Jepang karena artikel ini saya ambil dari J-Cul , tapi jika Anda ingin mengetahui keunikan dan kelebihan yang dimiliki oleh orang Indonesia menurut perspektif orang Jepang, silakan anda membaca buku "Kangen Indonesia" karangan Hisanori Kato, Terima kasih atas tanggapan Anda

      Delete
  5. weh pengen hidup di jepang gwa

    ReplyDelete
  6. Menurut saya jepang itu orangnya kejam tak berbudaya dan bar bar..baca sejarah kekejaman tentara jepang jugu lanfu (wanita wanita negara jajahan jepang yang di jadikan budak sex tentara jepang). Biadap

    ReplyDelete
  7. mungkin bisa dikatakan memang setiap orang mempunyai karakter masing-masing, tidak perlu disamakan karena tidak ada yg sama setiap orang mempunyai kelebihan masing-masing

    ReplyDelete